NAMA KELOMPOK :
ALINDA HAPSARI AP
( ASISTEN PRODUKSI )
GUITA ARUM SARI
( MANAJER PEMASARAN )
NURUL HASANAH
( ASISTEN MANAJEMEN PEMASARAN )
RIZKY AMELIA PUTRI
( MANAJER KEUANGAN )
SARAH OKTAVIANI ISKANDAR
( MANAJER PRODUKSI )
SISKA PUTRI UTHAMI
( CEO )
NAMA PERUSAHAAN
FAST FOOD
BURGER MINI
 

 BAB I

PENDAHULUAN

 1.1  LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

 

Pada jaman sekarang ini banyak sekali para remaja yang suka dengan makanan cepat saji karena makanan cepat saji tidak membutuhkan terlalu lama banyak waktu yang digunakan untuk mendapatkan atau membuatnya. Selain para remaja, mulai dari anak – anak hingga orang tua pun menyukai makanan cepat saji, dengan itu perusahaan kami menciptakan suatu produk makanan cepat saji yaitu Burger Mungil.

Kami menciptakan Bungil Mungil karena selain dari bentuknya yang berukuran mini atau kecil, harga yang harus di bayar sangat terjangkau untuk mendapatkannya jadi tidak harus pergi ke restoran.

1.2  VISI DAN MISI PERUSAHAAN

1.2.1 Visi PT.Fast Food

·         Membentuk dan menjadikan PT.Fast Food sebagai perusahaan cepat saji yang berstandar internasional.

1.2.2        Misi PT.Fast Food

·         Memproduksi Burger dengan bentuk yang mungil atau mini.

·         Menyajikan rasa yang enak dan menyehatkan.

·         Menyajikan tampilan yang menarik.

·         Memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan.

 

1.3      MOTTO PERUSAHAAN

“PAS DI MULUT,PAS DI KANTONG

BAB II

ANALISIS PASAR DAN PEMASARAN

 

2.1 PRODUK PASAR DAN PEMASARAN

2.1.1 Produk Pasar

Roti yang kita gunakan produksi sendiri karena lebih menjamin rasa,kualitas dan kebersihannya serta roti yang kita buat tanpa menggunakan bahan pengawet dan pewarna. Bahan – bahan isi dari roti kita menggunakan produk – produk yang sudah terpercaya  dan halal seperti keju dengan merek kraft, saous ABC rasa pedas dan  saos tomat, mayoinase maestro, daging ham dengan merek Abby’s s , mentega dengan merek  blue band serta daun salada, timun , tomat yang masih segar di pasaran.

 

2.1.2 Pemasaran

            Pemasaran yang perusahaan kami lakukan adalah dengan cara personal selling atau penjualan sendiri di kalangan mahasiswa. Dengan pemasaran seperti ini dapat meyakinkan konsumen dari bentuk dan kualitas karena teknik yang kami gunakan adalah face to face.

2.2  BAURAN PEMASARAN

1.      Product

-          Type (macam produk)       : mini/mungil

-          Brand (merek)                   : BUMIL (Burger Mungil)

-          Quality (kualitas)              : berkualitas tinggi, menjamin kesehatan & harga terjangkau.

-          Packing (tempat)               : cup

-          Design (bentuk)                : Bulat, kecil & menarik

-          Size (ukuran)                     : Kecil

2.      Price                                        : 5.000/pcs

3.       Promotion                               : ­Power of mouth, face to face, media sosial.

                                                  Line : Burgermini,

                                                  BBM : 56FE749,

                                                  Instagram : BurgerMungil66

                                                  Message : 085691133030

4.      Place                                        : sekitar kampus universitas gunadarma kampus D               

 

2.3  ANALISIS SWOT DAN TWOS

 

2.3.1 SWOT & TWOS

 
 
INTERNAL
 
 
 
 
 
 
 
EKSTERNAL
STRENGTHS
-Bentuknya yang mini/mungil.
-Penampilannya yang unik dengan aksesori bendera negara diatasnya.
-Harga terjangkau.
WEAKNESSES
-Hanya ada satu rasa saja.
-Kurang memberi rasa puas diperut.
OPPORTUNITIES
-Tingginya minat masyarakat untuk mencoba makanan yang unik.
 
 
SO.
Menciptakan produk yang berbeda dari produk perusahaan lain.
 
 
WO.
-Menambahnya berbagai rasa dan tampilan benderanya yang beraneka ragam
-Menambahkan beraneka ragam bentuk
 
 
THREATS
-Banyak pesaing dari luar yang ingin berkembang lebih produknya.
 
ST.
Memberikan kualitas produk yang baik.
 
WT.
Menambah berbagai varian rasa.

 

2.4  SEGMENTASI PASAR

 

            Burger Mungil berada dikawasan Universitas Gunadarma. Burger Mungil bisa dinikmati oleh semua kalangan seperti : anak-anak,remaja dan orang tua. Untuk penikmat burger mini  tidak memandang status apapun. Kami melakukan pemasaran dengan cara face to face atau dengan cara mengenalkan ke media sosial.                                                   

 BAB III

ANALISIS PRODUKSI DAN SUMBER DAYA MANUSIA

3.1 BAHAN BAKU DAN PROSES PEMBUATAN

a.       Bahan Roti

·         1.5 kg Terigu

·         2 sdm Gula

·         3 sdm Mentega

·         1.5 Femipan

·         Garam secukupnya

 

b.      Bahan – bahan Isi Burger

·         Daging ham

·         LembaranKeju

·         Tomat

·         Timun

·         Daun Salada

·         Saous Pedas dan saoustomat

·         Mayonais

 
 c.       Cara Pembuatan :

1.      Campur bahan roti lalu di aduk sampai rata, setelah rata beri sedikit demi sedikit air kedalam campuran bahan tadi sampai kalis

2.      kemudian buat adonan menjadi bulat – bulatan kecil dan diamkan setengah jam lalu goreng hingga berwarna coklat keemasan dan tiriskan.

3.      Kemudian Iris roti menjadi dua bagian

4.      Goreng daging ham hingga matang (bisa menggunakan blue band atau minyak goreng) lalu tiriskan.

 

 d.      Cara Penyusunannya :

1.      roti bagian bawah dioleskan mentega secukupnya.

2.      Taruh daging ham diatas roti yang telah dioleskan mentega.

3.      Diatas daging ham letakkan lembaran keju.

4.      Setelah itu letakkan lagi diatasnya daun Selada yang telah di potong kecil.

5.      Letakkan irisan tomat di atas Daun Selada tersebut.

6.      Kemudian isian paling atas letakkan irisan timun.

7.      Terakhir tutup dengan potongan roti bagian atas.

 
3.2  ANALISIS KOMETENSI SUMBER DAYA MANUSIA

 

Kompetensi SDM

1.      CEO

Memiliki posisi tertinggi diperusahaan yang memiliki hak penuh atas perusahaan. Mampu memberikan gambaran kepada bawahan mengenai produk yang akan dibuat serta kegiatan apa yang akan dilakukan dengan tujuan mewujudkan visi yang telah ditetapkan.

2.      Manajer Keuangan

Manajer yang mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan pemasukan dan pengeluaran kas secara jelas dan rinci.

3.      Manajer Produksi

Menciptakan produk yang telah ditetapkan dengan mengikutin prosedur prosedur yang berlaku, serta harus menjaga kualitas produk agar tetap terjaga.

4.      Asisten Manajer Produksi

Membantu menyempurnakan palaksanaan pembuatan produk dengan mengikuti arahan yang diberikan oleh manajer produksi.

5.      Manajer pemasaran

Bagian dimana harus mampu mengenal ruang lingkup pasar serta konsumen, dan mampu membuat konsumen yakin dan percaya dengan produk yang dipasarkan.

6.      Asisten Manajer Pemasaran

Membantu menyempurnakan pelaksanaan pembuatan produk dengan mengikuti arahan yang diberikan oleh manajer pemasaran.
 
 
LAPORAN KEUANGAN BURGER MINI
BAB IV
ANALISIS KEUANGAN
4.1 MODAL USAHA
Modal Pinjaman Universitas Gunadarma                        :           Rp. 400.000,-
Modal Tambahan                                                 :           Rp.   77.000,-
Total Modal                                                          :           Rp. 477.000,-
4.2 PENENTUAN HARGA POKOK PRODUKSI
BIAYA PRODUKSI BAHAN BAKU
PT. FAST FOOD
Periode 31 Januari 2016

NO

KETERANGAN

JUMLAH

UNIT

HARGA SATUAN

HARGA TOTAL

 

BIAYA BAHAN BAKU

 

 

 

 

1.

BAHAN ROTI :

 

 

 

 

 

Terigu

4

Kg

 Rp. 9.000,-

 Rp. 36.000,-

 

Gula

 1

Kg

 Rp. 6.000,-

 Rp. 6.000,-

 

Garam

1

Pack

 Rp. 1.000,-

 Rp. 1.000,-

 

Femipan

4

Pcs

 Rp. 1.500,-

 Rp. 6.000,-

 

Mentega

1

pack

 Rp. 6.500,-

 Rp. 6.500,-

 

minyak goreng

1

Liter

 _

 Rp. 12.000,-

 

TOTAL BAHAN ROTI

 

 

 

 Rp. 67.500,-

2.

BAHAN ISI :

 

 

 

 

 

daging ham

80

Pcs

 _

 Rp. 80.000,-

 

slice keju kraft

80

Pcs

 _

 Rp. 120.000,-

 

Tomat

½

Kg

 Rp. 5.000,-

 Rp. 5.000,-

 

Timun

½

Kg

 Rp. 4.000,-

 Rp. 4.000,-

 

daun salada

1

Kg

 Rp. 8.000,-

 Rp. 8.000,-

 

saus sambal

6

Pack

 Rp. 7.000,-

 Rp. 42.000,-

 

saus tomat

6

Pack

 Rp. 7.000,-

 Rp. 42.000,-

 

Mayonaise

1

pack

 Rp. 8.000,-

 Rp. 8.000,-

 

Total Bahan Isi Burger

 

 

 

 Rp. 309.000,-

 

 

 

 

 

 

 

TOTAL BAHAN BAKU

 

 

 

 Rp. 376.500,-
 
 
PENENTUAN HARGA PRODUKSI
PT. FAST FOOD
Periode 31 Januari 2016
 
HPP = Biaya produksi + Biaya penolong + biaya operasional
                                             160
 
      = Rp. 376.500,- + Rp. 74.000,- + Rp. 26.500,-
                                          160
 
      = Rp. 477.000,-            = Rp. 2.981,-
                  160
ü  Harga Pokok Produksi    = Rp. 2.981,-
ü  Harga Jual                         = Rp. 5.000,-
ü  Laba                                  = Rp. 2.019,-/PCS
 
 
 
BIAYA PRODUKSI BAHAN BAKU
 
 PT. FAST FOOD
Periode 29 Februari 2016

NO

KETERANGAN

JUMLAH

UNIT

HARGA SATUAN

HARGA TOTAL

 

BIAYA BAHAN BAKU

 

 

 

 

1.

BAHAN ROTI :

 

 

 

 

 

Terigu

5

Kg

 Rp. 9.000,-

 Rp. 45.000,-

 

Gula

1

Kg

 Rp. 6.000,-

 Rp. 6.000,-

 

Garam

1

Pack

 Rp. 1.000,-

 Rp. 1.000,-

 

Femipan

5

Pcs

 Rp. 1.500,-

 Rp. 7.500,-

 

Mentega

1

Pack

 Rp. 6.500,-

 Rp. 6.500,-

 

minyak goreng

1

Liter

 _

 Rp. 12.000,-

 

TOTAL BAHAN ROTI

 

 

 

 Rp. 78.000,-

2.

BAHAN ISI :

 

 

 

 

 

daging ham

100

Pcs

 _

 Rp. 100.000,-

 

slice keju kraft

100

Pcs

 _

 Rp. 150.000,-

 

Tomat

½

Kg

 Rp. 5.000,-

 Rp. 5.000,-

 

Timun

½

Kg

 Rp. 4.000,-

 Rp. 4.000,-

 

daun salada

1

Kg

 Rp. 8.000,-

 Rp. 8.000,-

 

saus sambal

7

Pack

 Rp. 7.000,-

 Rp. 49.000,-

 

saus tomat

7

Pack

 Rp. 7.000,-

 Rp. 49.000,-

 

Mayonaise

2

Pack

 Rp. 8.000,-

 Rp. 16.000,-

 

Total Bahan Isi Burger

 

 

 

 Rp. 381.000,-

 

 

 

 

 

 

 

TOTAL BAHAN BAKU

 

 

 

 Rp. 459.000,-
 


 
PENENTUAN HARGA PRODUKSI
PT. FAST FOOD
    Periode 29 februari 2016
 
HPP = Biaya produksi + Biaya penolong + biaya operasional
                                             200
 
      = Rp. 459.000,- + Rp. 85.000,- + Rp. 30.500,-
                                          200
 
      = Rp. 574.500,-
                  200
      = Rp. 2.872,-
 
ü  Harga Pokok Produksi    = Rp. 2.872,-
ü  Harga Jual                         = Rp. 5.000,-
ü  Laba                                  = Rp. 2.128,-/PCS
 
 
 
 
 
 
 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PROPOSAL USAHA SANDWICH GORENG

5 Produk Kewirausahaan

TUJUAN DAN PRINSIP-PRINSIP KOPERASI